26.6.09

Memilih Produk Asuransi

Enam Rambu Memilih Asuransi Pendidikan


Lain Meski mempersiapkan biaya pendidikan anak sangat penting sejak dini, sebagai orangtua Anda tidak boleh sembarangan menjatuhkan pilihan asuransi atau tabungan pendidikan. Ada beberapa rambu yang mesti diperhatikan sebelum Anda memilih salah satu dari beragam produk asuransi itu.


Pertama, persiapan internal. Sejak awal Anda mesti menganalisis kebutuhan pendidikan bagi si buah hati. Seperti, Anda ingin menyekolahkan anak sampai jenjang pendidikan apa? Hal ini menentukan estimasi biaya yang dibutuhkan. Selain itu, perlu memperhitungkan risiko penyakit, atau kecelakaan bagi si pemegang polis. "Perencanaan harus dilakukan dengan matang," ujar Mike Rini, seorang perencana keuangan.


Kedua, lihat fitur tabungan atau asuransi. Perhatikan fleksibilitas produk tersebut berdasarkan besar kecilnya pendapatan Anda atau tetap atau tidaknya penghasilan Anda. Yang juga penting, Anda juga perlu memperhatikan aspek-aspek apa saja yang dilindungi oleh asuransi atau tabungan pendidikan itu.


Ketiga, tengok reputasi perusahaan asuransi atau bank yang menjual produk tabungan. Ini menyangkut kemampuan perusahaan mengelola dana Anda. Semakin berpengalaman perusahaan itu, Anda bisa tenang karena dananya bakal aman.


Keempat, lihat jumlah klien. Semakin banyak jumlah klien sebuah perusahaan asuransi atau bank, berarti mereka memiliki modal kuat dalam menghimpun dana masyarakat. Imbasnya, tingkat keuntungan dari tabungan atau asuransi tersebut semakin besar. Maklum, dana Anda itu bakal diinvestasikan oleh pihak asuransi atau bank.


Kelima, tingkat keuntungan. Pilihlah tabungan pendidikan atau asuransi yang memiliki keuntungan tinggi. Anda juga perlu menghitung nilai premi, dan bunga yang bisa diraih. M. Ikhsan, konsultan perencanaan keuangan dari Prime Planner Family, mengatakan sebaiknya Anda segera membuat asuransi atau tabungan pendidikan untuk anak. "Biasanya, harga akan semakin mahal bila anak semakin dewasa," imbuh dia.


Keenam, kemudahan klaim atau pencairan dana juga perlu menjadi perhatian Anda.

Jadi selamat berburu sesuai pilihan, tabungan pendidikan atau asuransi.

(KONTAN, cetak (ed. khusus)-Roy Franedya, Epung Saepudin, Yura Syahrul)

BAJ-Artikel, 02-04-2009

by: hanny.

0 komentar:

Link Binsis


Pengikut